Coating adalah penutup yang diaplikasikan pada permukaan suatu benda, biasanya disebut sebagai substrat. Tujuan penerapan coating mungkin bersifat dekoratif, fungsional, atau keduanya. Lapisan itu sendiri mungkin merupakan lapisan penutup, yang benar-benar menutupi substrat, atau hanya dapat menutupi bagian-bagian substrat. Contoh dari semua jenis lapisan ini adalah label produk pada banyak botol minuman – satu sisi memiliki lapisan fungsional menyeluruh (perekat) dan sisi lainnya memiliki satu atau lebih lapisan dekoratif dalam pola (pencetakan) yang sesuai untuk bentuk kata dan gambar.

Cat dan lak adalah pelapis yang sebagian besar memiliki kegunaan ganda untuk melindungi substrat dan menjadi dekoratif, walaupun beberapa cat seniman hanya untuk hiasan, dan cat pada pipa industri besar kemungkinan hanya berfungsi mencegah korosi.

Fungsional coating  dapat diterapkan untuk mengubah sifat permukaan substrat, seperti adhesi, tahan basah, tahan korosi, atau ketahanan aus. Dalam kasus lain, mis. fabrikasi perangkat semikonduktor (di mana substratnya adalah wafer), lapisan tersebut menambahkan properti yang sama sekali baru seperti respons magnetik atau konduktivitas listrik dan merupakan bagian penting dari produk jadi.

Pertimbangan utama untuk sebagian besar proses coating adalah coating harus diterapkan pada ketebalan yang terkendali, dan sejumlah proses yang berbeda digunakan untuk mencapai kontrol ini, mulai dari sikat sederhana untuk melukis dinding, sampai beberapa mesin yang sangat mahal menerapkannya. pelapis di industri elektronik. Pertimbangan lebih lanjut untuk pelapis ‘non-all-over’ adalah kontrol diperlukan untuk di mana lapisan tersebut akan diterapkan. Sejumlah proses coating  non-all-over ini adalah proses pencetakan.

Banyak proses coating industri melibatkan penerapan lapisan tipis bahan fungsional ke substrat, seperti kertas, kain, film, foil, atau stok lembaran. Jika substrat mulai dan mengakhiri prosesnya dalam gulungan, prosesnya dapat disebut lapisan “roll-to-roll” atau “berbasis web”. Gulungan substrat, saat melilit mesin pelapis, biasanya disebut jaring.

Pelapis dapat diaplikasikan dalam bentuk cairan, gas atau padat..